.
.

Thursday, December 13, 2012

Jenis Kayu Gitar dan Karakteristik nya


Mahogany :
Gitar dengan top wood Mahogany memiliki karakter kuat "punchy" dengan nada yang cocok untuk blues ketika bermain. Ketika dipertimbangkan untuk belakang dan samping, mahoni memiliki percepatan rambat suara yang relatif tinggi, warna nada yang memberikan kontribusi banyak. Sementara rosewood gitar dapat dianggap telah memiliki suara metalik, gitar mahoni terdengar lebih seperti kayu. Sulit contoh lebih padat dari hutan ini dapat juga pada karakteristik rosewoods. Mahoni dibagian belakang dan samping cenderung menekankan bass dan treble. Leher mahoni membantu untuk menciptakan, suara "kayu" yang lebih hangat dalam jangkauan tonal. Hal yang sama berlaku ketika mahoni digunakan sebagai bahan jembatan.
Koa :
Koa telah digunakan untuk soundboards sejak the1920s. Kayu keras ini memiliki kecepatan yang relatif rendah suara, kepadatan yang cukup besar dan kandungan nada rendah. Oleh karena itu, cenderung menghasilkan nada yang solid yang merespon terbaik di ujung atas kisaran dinamis. Koa memiliki agak lebih "midrangey" nada yang bekerja dengan baik untuk memainkan ritme dan benar-benar bersinar di gitar dibuat untuk Hawaii gaya bermain slide.Untuk belakang dan samping, Koa cenderung berperilaku seperti mahoni dalam menambah warna tonal, tetapi penekanannya adalah lagi lebih di midrange tersebut.
Brasil Rosewood :
Semua rosewoods berkontribusi terhadap warna tonal. Brasil rosewood dikenal karena percepatan rambat suara yang tinggi dan berbagai nada, dan juga ditandai dengan kekuatan dan kompleksitas di bagian bawah dan kegelapan keseluruhan nada di seluruh jangkauan. MID kuat dan tertinggi juga menyumbangkan kekayaan nada ke register atas. Rosewood gitar juga memiliki kualitas-seperti gema nada diucapkan, disebabkan oleh keterlambatan terdengar dalam timbulnya harmonisa tertentu. Brasil rosewood memiliki kejelasan yang luar biasa di bagian bawah dan gemerlap di atas.Ketika digunakan untuk leher, Brasil rosewood menambahkan kilau dan cincin.India RosewoodIndia rosewood juga dikenal karena kecepatan tinggi dan suara berbagai nada, kekuatan dan kompleksitas di bagian bawah dan kegelapan keseluruhan nada di seluruh jangkauan. MID kuat dan tertinggi juga menyumbangkan kekayaan nada ke register atas.
Indian rosewood :
Indian Rosewood memiliki warna nada, midrange lebih tebal secara keseluruhan. Ketika digunakan untuk neck, Indian rosewood dapat membantu menaikkan up mid-range.
Sitka Spruce :
Spruce adalah bahan standar untuk soundboards, spesies yang paling umum digunakan menjadi Sitka. Kekakuan yang tinggi dikombinasikan dengan karakteristik ringan dari kayu lunak kebanyakan, membuatnya menjadi alami untuk kecepatan tinggi suara. Sebuah rasio mendasar-ke-nada yang kuat memberikan Sitka spruce nada langsung kuat mampu mempertahankan kejelasan ketika diputar paksa. Hal ini membuat Sitka pilihan yang sangat baik untuk kayu utama bagi pemain yang gaya menuntut respon dinamis yang lebar dan nada, kuat gemuk. Di sisi lain, kurangnya nuansa yang kompleks di Sitka dapat menghasilkan suara yang agak tipis ketika diputar dengan sentuhan ringan - tentu saja, tergantung pada desain gitar dan pilihan-pilihan lain dari kayu dalam konstruksi.
Maple :
Maple, sebagai akibat dari berat yang lebih besar dan kecepatan rambat suara yang lebih rendah, suara yang dihasilkan dapat benar-benar terdengar datar, berkah tersembunyi ketika gitar diperkuat pada tingkat tekanan suara tinggi. Inilah sebabnya mengapa maple adalah kayu pilihan untuk bagian atas gitar listrik. Pantai barat besar daun maple adalah yang paling lembut dan ringan dari keluarga maple, dengan tekstur kayu yang menyerupai gelombang. Selain dari pola visual yang menakjubkan, serat bergelombang dari maple "keriting" mengurangi kekakuan gandum panjang dan bergetar lebih bebas. Dalam penggunaan gitar akustik, spesies yang berbeda dari maple, seperti big leaf, sugar, dan bearclaw cenderung lebih akustik karena kecepatan mereka lebih rendah dari suara dan tingkat tinggi redaman internal. Hal ini memungkinkan karakteristik nada dari atas untuk didengar tanpa penambahan warna tonal signifikan. Neck Maple dapat menanamkan "opium" terang nada yang bisa berbuat banyak untuk memperkuat ujung atas gitar berbadan besar.
Alder :
Alder adalah kayu ringan yang sangat resonan, menghasilkan nada yang rich dan full. Ketika digunakan untuk konstruksi solid-boy, alder menyediakan low end yang sangat baik dan midrange dengan kinerja terbaik di kisaran pertengahan bawah. Alder juga baik pada high-end dan berkarakteristik.

No comments:

Post a Comment