.
.

Thursday, December 13, 2012

Tips Memilih Gitar Akustik


Inilah hal-hal yg harus diperhatikan dalam memilih gitar akustik :

Bentuk body:
Ada banyak bentuk gitar akustik, dari kecil sampai jumbo. Besar kecil, tebel tipis nya berpengaruh ke suara dan tone. Hal yang sering jadi perdebatan adalah kualitas suara versus kenyamanan. Gitar Fender Telecoustic tentu jauh lebih nyaman dibandingin dibandingin Gibson J200, tapi kualitas sama besar suaranya juga jauh lebih bagus J200. Bentuk gitar akustik ada yg pake cutaway ada yg tidak, keunggulan cutaway tentunya jadi lebih mudah menjangkau fret2 tinggi, tapi gitar akustik tanpa cutaway konon menghasilkan sound yg lebih bagus.
Silahkan dipilih sesuai kebutuhan sama preferensi kenyamanan anda.

Ukuran neck:
Tebal tipis neck jadi pertimbangan untuk memilih gitar akustik. Sesuaikan dengan ukuran tangan kita yang pasti. Fret yang di neck gitar akustik itu berkisar antara 12-14 fret (maksudnya jumlah fret dari headstock sampe batas neck yg tertempel dibody). Biasanya ukuran body juga ngaruh ke ukuran neck. Ukuran neck gitar klasik (nylon) lebih lebar dibandingin gitar string steel, karena memang tradisinya begitu dan memfasilitasi teknik fingerstyle tertentu.

Electronics:
Sebagian besar gitar akustik middle end jaman sekarang udah ada preamp sama pickupnya, jenisnya juga beda2. Paling umum itu yg tipenya piezo di bridgenya. Yang agak mahalan ada yg berbentuk microphone ato kombinasi, ada juga yg bentuk pickup kaya gitar listrik. Sound yg dihasilkan beda2 lo, tapi justru sound paling bagus dihasilkan dari miking todong langsung tanpa electronics built in, jadi richnessnya bisa dapet.

Jenis kayu:
Jenis kayu gitar akustik sangat2 berpengaruh ke sound yang dihasilkan. Ilmunya beda sama gitar listrik, karena body gitar akustik terdiri atas top, side and back, neck, fingerboard sama bridge dimana sound yg dihasilkan bisa berbeda.

Spruce adalah jenis kayu yg umum dipake untuk top, tapi ada juga yg pake mahogany ato kayu2 lain untuk top dan ini ngaruh banget. Banyak yg bilang kayu yg dipake untuk top (soundboard) adalah hal yg paling menentukan sound sebuah gitar akustik. Yg udah ane coba, gitar dengan top spruce berkarakter bright, rich, kental di high frequency. Kalo top mahogany akan lebih kental di low frequency ( nge-bass )

Nah beda kalo mahogany dipake buat back and side. Justru karakter yg dibawanya itu high, makanya ada orang yang buat gitar full mahogany (top, back and side mahogany) dengan pertimbangan sound yg dikeluarkan masih balance, contohnya gitar signaturenya Joe Frusciante, Martin tipe apa gitu lupa. Yang ane rasain sih, mahogany dipake untuk back ama side itu soundnya selain bright juga woody, kayu banget. Kayu yg juga umum dipake utk back and side itu rosewood. Karakternya lebih ke mid-bass range, overtone yg kompleks dan sustain yg lebih panjang, menghasilkan kombinasi yg ajip kalo dikombinasiin sama spruce top. Biasanya yg pake back and side rosewood itu gitarnya lebih mahal, karena kayunya lebih mahal dari mahogany.
Untuk kayu nato atau nyatoh asli Indonesia di gitar all laminate soundnya terasa agak tipis.

Sisanya untuk material neck sama fretboard, sama berpengaruhnya seperti gitar listrik. Semakin keras material kayu fretboard, semakin bright sound yg dihasilkan, tapi ga sengaruh material kayu body. Yg umum dipake itu rosewood sama ebony.



Intonasi:
Intonasi itu maksudnya ketepatan nada yg dihasilkan saat kita berpindah fret sepanjang neck. Gitar dgn kualitas pembuatan yg kurang bagus kadang bisa kerasa jelek intonasinya diatas fret ke 12, dimana nada yg dihasilkan bisa ga tepat (pindah fret tapi nadanya ga berubah). Kalo mau beli yg merknya belum terkenal, ato mungkin custom, dites dulu intonasinya itu harus.

Tuning Machine:
Penting baik untuk gitar akustik maupun elektrik. Tuning machine bermerk semacam Grover atau Gotoh ataupun wilkinson,dll biasanya lebih bagus dibandingin yg tanpa merknya, tapi jelas lebih mahal..Cobalah agak lama, suka rubah2 gak stemannya. Model tuning machine yg tertutup biasanya lebih bagus karena dalemannya lebih tahan karat ga kena udara langsung.

No comments:

Post a Comment